Nuansa eksotisme wisata alam di wilayah administratif Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi yang menjadi destinasi wisata dan rekreasi favorit warga dan masyarakat. Kabupaten Bekasi tidak hanya dikenal sebagai kawasan industri terbesar di Asia Tenggara, bahkan kawasan ini memiliki destinasi wisata alam yang memiliki tempat wisata yang menyimpan keindahan alam yang luar biasa. Salah satunya adalah Situ Cibeureum yang terletak di Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Salah satu daya tarik obyek wisata alam Situ Cibeureum di Kabupaten Bekasi tersebut banyak dikunjungi adalah pemandangannya yang indah dengan kisah legenda masyarakat Tambun-Bekasi tentang siluman buaya putih. Untuk akses masuk ke Situ Cibeureum tidak ada pintu gerbang keluar masuk, pengunjung hanya  bisa melalui jalan desa yang sudah dibeton sebagai penanda masuk ke Situ Cibeureum dan lebarnya cukup untuk melintas kendaraan roda empat.

Saat memasuki area kalian langsung disuguhkan pemandangan dan suasana yang sejuk nan asri, tidak hanya keindahannya objek wisata ini juga telah diramaikan dengan warung kuliner dan berbagai aksesoris. Sambil menikmati pemandangan, wisatawan dapat menikmati kuliner khas danau di tepiannya. Warung dengan bangunan semi permanen terbuat dari bambu seperti saung, sehingga masyarakat masih dapat melihat lingkungan sekitarnya.

Situ Cibeureum tetap menjadi salah satu lokasi pemancingan favorit bagi warga dan masyarakat sekitar. Di dalam danau memang banyak terdapat ikan air tawar seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan keting, dan sebagainya. Objek wisata ini dapat dinikmati dengan gratis, tak heran masyarakat sekitar maupun luar wilayah bekasi yang datang tak hanya berwisata, tapi banyak juga masyarakat yang sekedar mampir melepas penat. Untuk bisa mencapai lokasi ini dari Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi jarak yang ditempuh sampai Situ Cibeureum sekitar 45 menit (26km).

Objek wisata Situ Cibeureum sangat potensial untuk dikunjungi, wisatawan bisa datang kapan saja. Waktu yang paling tepat adalah dipagi hari karena udara masih sangat sejuk serta sore hari karena pemandangan matahari terbenam yang terlihat begitu indah.